Kamis, 02 Oktober 2014

Puasa Sunah Hari Arafah

9 Dhul-Hijjah adalah saat jamaah haji melaksanakan Wukuf di padang Arafah. Bagi umat Islam yang tidak sedang melaksanakan haji Allah SWT membuka peluang amalan baik dengan puasa sunah pada Hari Arafah.

Sesuai dengan sabda Nabi SAW.  dalam hadist Muslim no. 196 (1162), puasa satu hari pada Yaumu Arafah, Allah akan mengampuni dosa setahun sebelum puasa dan satu tahun sesudahnya.
Nah, bagi yang kuat, longgar dan tidak berhalangan kenapa tidak puasa satu hari pada Hari Arafah 9 Dhul-Hijjah 1435 H atau 4 Oktober tahun ini? Puasa Yaumu Arafah, sungguh satu peluang yang sayang untuk dilewatkan.
196 – (1162) وحَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى التَّمِيمِيُّ، وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، جَمِيعًا عَنْ حَمَّادٍ، قَالَ يَحْيَى: أَخْبَرَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ غَيْلَانَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَعْبَدٍ الزِّمَّانِيِّ، عَنْ أَبِي قَتَادَةَ: رَجُلٌ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: كَيْفَ تَصُومُ؟ فَغَضِبَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،… ، صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ، أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ، وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ، وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ، أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ»

… Nabi bersabda …:”Berpuasa pada hari Arafah Saya (Nabi) mengharap kepada Allah agar Allah mengampuni dosa satu tahun sebelum puasa dan satu tahun sesudahnya dan berpuasa hari Asyura Aku (nabi) mengharap kepada Allah agar supaya Allah mengampuni dosa satu tahun sebelum puasa”.
[Hadist Shohih Muslim no. 196 (1162) Kitabu Shiam]


Sumber : http://pengajian-ldii.net/2013/10/13/puasa-sunah-hari-arafah/#more-1827


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Komennya, Ya ..??